Blog Fashion Style, Fashion Blogger, Mens and Woman Fashion Style. etc

Monday, November 10, 2014

Robot Cantik Asal Jepang Ini Bisa Berbahasa Isyarat

No comments :
Robot cantik asal Jepang
Jepang memang rajanya produsen robot di dunia. Toshiba misalnya, Salah satu raksasa elektronik di negeri sakura itu baru saja merilis Aiko Chihira, robot humanoid yang dapat berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat.

Robot yang dijuluki 'android komunikasi' diperkenalkan kepada publik pekan ini di ajang Cutting-Edge IT & Electronics Comprehensive Exhibition (CEATEC) pada tahun 2014, di Jepang.

Robot cantik ini dirancang secara optimal menggerakkan lengan dan tangannya dengan mempekerjakan 43 aktuator, sehingga mampu berbicara dengan bahasa isyarat Jepang.

Kemampuan robot masih terbatas. Aiko hanya bisa meniru gerakan sederhana, seperti ucapan. Namun, Produsen berencana untuk mengembangkan robot komunikasi Aiko menjadi sepenuhnya nanti pada tahun 2020.

Pengembangan ini meliputi kemampuan untuk memahami ucapan manusia, respon suara manusia, kontrol robot, dan sensor lainnya.

Robot Aiko Chihira

Terlepas dari itu semua, yang merupakan tujuan akhir dari robot ini adalah dapat melayani dan menemani orang tua dan orang-orang dengan demensia (pikun), berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat, dan memungkinkan petugas layanan kesehatan untuk memantau orang tua atau keluarga.

Dalam perkembangannya, Toshiba tidak sendirian. Toshiba bekerja sama dengan Universitas Osaka, yang telah lama mengembangkan robot humanoid. Toshiba memasok University dengan teknologi untuk membuat robot mirip dengan manusia.

Selain Osaka University, Institut Tekonologi Shibaura dan Shonan Tekonologi juga berkontribusi dalam hal sensor gerakan berbasis teknologi pengajaran dan teknologi kontrol robot.

Sementara itu, Toshiba hanya bertugas membuat algoritma yang mengendalikan dan mengkoordinasikan aktuator robot.

No comments :

Post a Comment

Jangan hanya di baca tapi beri komentarnya juga ya!